Home / Jabodetabek / Bertahan di Tengah Pandemi, Rumah Makan Betawi Ini Hadirkan Deretan Hidangan Andalan
Warung Nasi Mak Betawi 'Mpo Ria' berlokasi di kawasan Beji Kota Depok.

Bertahan di Tengah Pandemi, Rumah Makan Betawi Ini Hadirkan Deretan Hidangan Andalan

DEPOK, SINARDEPOK.COM –  Mewujudkan cita-cita buka rumah makan adalah suatu impian pasangan suami istri ini. Impian tersebut pun tercapai, pasangan suami istri telah membuka usaha rumah makan ‘Warung Nasi Mak Betawi Mpo Ria’ yang berlokasi di kawasan Beji Kota Depok.

Pasangan suami istri adalah Nurkomariah yang akrab disapa Mpo Ria (39) dan suami Ibnu Haris Mansyur (44).

Usaha rumah makan yang baru dirintis sejak dua minggu atau tepatnya Jumat, 11 Juni 2021 itu telah menjadi magnet penikmat makanan khas betawi. Warung selalu ramai dikunjungi pembeli tiap harinya.

Mpo Ria selaku owner mengatakan, berdirinya rumah makan khas Betawi ini sudah rencana dari awal bersama suami untuk mendirikan rumah makan dengan cita rasa masakan khas Betawi.

“Selama pandemi kita berdua bekerja sebagai Auditor bidang Lembaga Sertifikat ISO yang sementara tidak ada kegiatan. Untuk itu sebagai mengisi waktu luang kita mendirikan rumah makan khas Betawi,” ujarnya didampingi Suami Ibnu Haris Mansyur, Sabtu (26/6).

Sebagai ibu rumah tangga yang memiliki empat orang anak ini, Mpo Ria menyajikan berbagai masakan dengan cita rasa alami Betawi menggunakan bumbu dan racikan turun temurun dari keluarga.

“Kebetulan dulu Ibu kerja sebagai catering. Berjalannya waktu belajar dan berbekal pengalaman orang tua, saya meracik bumbu-bumbu oriental khas Betawi tanpa pengawet atau MSG, hasilnya dapat membuat masakan menjadi enak dan gurih,” kata Mpo Ria perempuan lulusan Sarjana Ekonomi ini.

Meski baru terbilang baru dalam membuka usaha rumah makan, bagi Mpo Ria dan suami tidaklah susah dalam mempromosikan masakannya yang tersedia di Warung Nasi Mak Betawi Mpo Ria.

“Kita kerjasama dengan aplikasi online seperti Go Food, dan Shope Food. Sehingga pembeli dapat dengan mudah memesan makanan buat makan siang atau malam dengan harga murah tentu yang kita tawarkan,” ucapnya.

Sedangkan untuk menu sendiri, lanjut Mpo Ria, andalan di Warung Nasi Mak Betawi Mpo Ria ini adalah paket ayam kampung bisa menggunakan nasi liwet atau nasi uduk.

“Kita tawarkan menu andalan kita ayam kampung goreng yang gurih dan crispi. Selain itu juga ada lele, dan ayam goreng. Untuk nasi, kita ada nasi uduk dan liwet. Sedangkan untuk sambal kita berikan gratis ada sambel tomat kemangi dengan isian ada cabe rawit, tomat, daun kemangi tentu ditambah penggunaan kencur supaya aroma khas wangi tambah menggungah selera makan,” tambahnya.

Baca Juga:   Resmi Jadi Wali Kota Depok, Program Ini yang Ingin Segera Diwujudkan Idris

Dalam menjamin higienis masakan, Mpo Mia selalu menggunakan bahan masakan pilihan dan sangat terjaga kehigienisannya sebelum diolah menjadi masakan.

“Contoh penggunaan bahan ayam kampung disekitar daerah GDC penggunaan masakan ayam kampung masih jarang. Sehingga kita usahakan ayam kampung maupun negeri yang kita pergunakan langsung dari tempat pemotongan yang baru dipotong jadi masih segar,” ungkapnya.

Sementara, perbedaan dengan rumah makan lainnya Warung Nasi Mak Betawi Mpo Ria seperti layaknya rumah makan biasa, namun meski berada di tengah kawasan pusat Pemerintahan Kota Depok, Alan tetapi tetap harga yang ditawarkan relatif terjangkau.

“Dalam menu yang kita tawarkan paket hemat, yaitu paket Paling Nagih kisaran harga ada mulai dari Rp. 28.000 sampai Rp. 35.000,- sedangkan Paling Maknyos mulai dari Rp. 20.000 sampai 30.000. Sedangkan Paling Wenak kisaran Rp. 25.000 sampai Rp. 28.000. Untuk tambahan cemilan tempe dan tahu dihargai Rp. 3.000. Sementara, untuk sambel tomat, tomat kemangi, dan kacang gratis,” bebernya.

Selain itu Mpo Ria tidak memungkiri semua usaha selama pandemi ini berimbas, namun dirinya yakin dan optimis usaha makanan tradisional seperti masakan betawi yang sudah mempunyai penggemar fanatik akan mampu bertahan.

“Ini suatu tantangan kita membuka usaha di tengah pandemi apalagi rumah makan adalah sesuatu hal yang membutuhkan perjuangan. Alasan membuka rumah makan tidak akan pernah mati, bahkan banyak dicari karena sebagai konsumsi pokok kita sehari-hari,” tambahnya.

“Selain sudah kita sediakan khusus paket hemat. Namun dalam menyiasati pembeli khususnya selama pandemi kita membuka orderan khusus bagi karyawan minimarket, karyawan kantor khusus hanya menunjukan id-card akan diberikan potongan spesial 50 persen,” tuturnya.

Adapun semua masakan dibuat sendiri oleh Mpo Ria, seperti Sambel Tomat Kemangi, komposisi cabe rawit, tomat, dan daun kemangi, ditambah kencur agar dapat mengeluarkan aroma wangi kuat sebagai penggungah selera makan.

Lalu Nasi Uduk, nasi yang didalamnya diberikan rempah-rempah resep warisan keluarga, sehingga lebih gurih berbeda dengan nasi uduk pada umumnya.

Nasi liwet, Mpo Ria membuatnya dengan menaruh bumbu rempah ditambah ikan teri Medan sebagai pengganti ikan asin, sehingga rasanya lebih enak.

Sedangkan untuk minuman, Mpo Ria adakan kopi Liong citarasa asli kopi Depok yang sangat dikangeni bagi warga Kota Depok.

“Karena kita masih baru, satu persatu nantinya akan mencoba menambah masakan baru seperti gabung pucung, sayur besar, sayur asem betawi, dan jengkol semur,” tutupnya.

(ngo/po/SINDE)


Baca juga

PPP Depok Beri Sembako untuk Warga Isoman

DEPOK, SINARDEPOK.COM – DPC Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Kota Depok kembali menebar ribuan paket sembako …