Catat Tanggalnya! Kelurahan Tanah Baru Akan Gelar Aksi Bela Palestina

oleh
Flyer Aksi Bela Palestina. (Gambar: Kelurahan Tanah Baru)

Depok, SINDE – Kelurahan Tanah Baru bersama Karang Taruna (Katar) dan organisasi masyarakat di wilayah setempat, akan mengadakan aksi kemanusiaan berupa penggalangan dana untuk memberikan bantuan kemanusiaan ke Palestina.

Penggalangan dana tersebut bernama ‘Aksi Bela Palestina Tanah Baru’ yang akan digelar pada 31 Desember 2023 di Lapangan Gaban, Kelurahan Tanah Baru, Kecamatan Beji, Kota Depok.

Ketua Laskar Muda Tanah Baru, Sandi Septian mengatakan, Aksi Bela Palestina ini akan berlangsung dari pukul 06:30 WIB hingga 14:00 WIB.

Aksi Bela Palestina ini, menjadi puncak acara untuk membentuk rasa empati dan simpati atas peperangan yang telah menelan banyak manusia tak bersalah di Gaza, Palestina.

Adapun, agenda dalam Aksi Bela Palestina Tanah Baru ini meliputi, senam pagi bersama, orasi, seni dan budaya, penampilan musik religius, penggalangan donasi, dan lelang barang untuk donasi.

Donasi yang dihasilkan tersebut, sambung dia, tidak hanya didapat dari penggalangan dana yang dilakukan di jalan. Tetapi, hasil donasi yang dikumpulkan juga berasal dari penjualan kaos.

“Untuk hasil donasi sementara ini. Baik dari penggalangan dan penjualan kaos, diperkirakan sudah mencapai kurang lebih 50 juta,” ungkap Sandi Septian, Selasa (26/12/23).

Sandy Septian menceritakan, awal mulanya aksi ini sudah dilakukan sejak 14 Oktober 2023, dengan turun langsung ke jalan melakukan penggalangan donasi di titik-titik keramaian jalan wilayah Tanah Baru.

Baca Juga:   Meriahkan Tahun Baru 2020, Ayu Ting Ting Tanding Futsal

Selain melakukan penggalangan donasi, aksi tersebut juga dilengkapi dengan penjualan kaos yang dibuat dengan tema Aksi Bela Palestina Tanah Baru, yang kemudian hasil pembuatan kaos tersebut dijual kepada masyarakat.

“Kami tidak menargetkan jumlah donasi. Yang terpenting, donasi yang diberikan dari warga kepada korban ini dapat tersalurkan,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kelurahan Tanah Baru, Muhammad Ramly menuturkan, Aksi Bela Palestina yang dilakukan pemuda Tanah Baru ini bukan aksi yang dilakukan pertama kalinya. Aksi ini sudah berlangsung sejak tahun 2008.

“Kurang lebih sudah delapan kali kami menggelar aksi serupa. Untuk aksi mendatang, kami menargetkan setidaknya 500-1.000 orang yang hadir,” jelas Ramly.

Pada tahun 2021, donasi dari aksi serupa merupakan hasil yang paling banyak terkumpul dibandingkan aksi serupa lainnya yang telah dilakukan. Donasi yang terkumpul, mencapai Rp160 juta.

“Donasi tahun ini akan kami salurkan ke MER-C (Medical Emergency Rescue Committee). Mudahan-mudahan donasi tahun ini bisa mencapai lebih dari Rp100 juta lebih,” tutup Ramly. (

No More Posts Available.

No more pages to load.