Home / Jabodetabek / Covid-19 Masih Ada, Komisi IX DPR Ajak Masyarakat Terapkan Germas
Anggota Komisi IX DPR RI Wenny Haryanto (dua kanan) sosialisasikan adaptasi kebiasaan baru dan Pelayanan Kesehatan primer di Kawasan Depok, Sabtu (16/10)

Covid-19 Masih Ada, Komisi IX DPR Ajak Masyarakat Terapkan Germas

DEPOK, SINARDEPOK.COM – Anggota Komisi IX DPR-RI Wenny Haryanto mengajak masyarakat agar selalu menerapkan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) di masa New Normal atau Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB).

Menurutnya, hal ini perlu dilakukan karena Covid-19 masih ada di tengah-tengah masyarakat Indonesia.

Germas sendiri diatur dalam instruksi Presiden No.1 Tahun 2017, yakni sebuah gerakan bertujuan untuk memasyarakatkan budaya hidup sehat serta meninggalkan prilaku dan kebiasaan masyarakat yang kurang sehat.

“Sebenarnya tujuan Germas sendiri menjalani gaya hidup sehat yang banyak memberi manfaat, mulai dari peningkatan kualitas kesehatan hingga produktivitas seseorang. Nantinya, dengan gaya hidup sehat, dapat tercipta lingkungan bersih dan sehat, serta resiko keluar biaya berobat ketika sakit,” kata Wenny dalam kegiatan Sosialisasi Adaptasi Kebiasaan Baru dan Pelayanan Kesehatan Dasar di Kawasan Depok, Sabtu (16/10/2021).

Wenny pun menyampaikan bahwa kegiatan ini momentum penting agar masyarakat bisa lebih inovatif & kreatif dalam membudayakan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS), sehingga bisa diterapkan di kehidupan sehari-hari.

Melalui tema kegiatan Sosialisasi tersebut, Wenny menegaskan bahwa masyarakat memiliki peran penting dan strategis dalam menghadapi masa adaptasi kebiasaan baru.

“Pandemi Covid-19 ini sudah memasuki tahun kedua, tentu berdampak besar di berbagai bidang kehidupan manusia di dunia, khususnya sektor ekonomi dan kesehatan. Maka di masa adaptasi kebiasaan baru, beraktivitas harus tetap ada pembatasan, lihat situasi dan kondisi,” imbuh Wenny.

Baca Juga:   Pegawai Positif Covid-19, Kantor BPN Kota Depok Lockdown

Ia menambahkan, memutus mata rantai penularan Covid-19 dengan selalu menerapkan adaptasi kebiasaan baru merupakan tanggung jawab semua. Hal itu dalam rangka mewujudkan Indonesia bebas Covid-19.

“Jadi, kesadaran masyarakat sangat penting, melaksanakan protokol kesehatan 5M dan Germas sudah jadi kebutuhan pokok. Ayo bersama kita cegah penyebaran Covid-19 dengan selalu menerapkan Germas, protokol kesehatan 5M, dan mendukung penuh program vaksinasi Nasional,” paparnya.

Kegiatan sosialisasi Germas yang bekerjasama antara Direktorat Jendral Pelayanan Kesehatan Kementerian Kesehatan RI, Dinas Kesehatan Kota Depok, dan Komisi IX DPR RI tersebut, dihadiri Kordinator Substansi Praktik Perorangan Direktorat Pelayanan Kesehatan (Yankes) Primer Kemenkes RI Upik Rukmini, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat Nina Susana Dewi, Kepala Dinas Kesehatan Kota Depok yang diwakili Kepala Seksi Yankes Primer Kurnia Permitasari, beserta para Ketua RT/RW, Kader Kesehatan, dan Tokoh Masyarakat.

(po/SINDE)


Baca juga

Menyongsong Bonus Demografi, Wenny Haryanto Sosialisasikan Cegah Stunting Sejak Dini

DEPOK, SINARDEPOK.COM – Anggota Komisi IX DPR RI Wenny Haryanto mengatakan, bahwa di tahun 2030 …