Home / Jabodetabek / Covid-19 Masih Ada, Wenny Ingatkan Masyarakat Terapkan Germas untuk Jaga Vitalitas Tubuh
sosialisasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) di kawasan Sukamaju Baru, Tapos, Kota Depok, Sabtu (15/10).

Covid-19 Masih Ada, Wenny Ingatkan Masyarakat Terapkan Germas untuk Jaga Vitalitas Tubuh

DEPOK, SINDE – Anggota DPR RI Komisi IX Dra. Wenny Haryanto, SH mengingatkan masyarakat agar selalu menjalankan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) di masa pandemi menuju endemi COVID-19.

Menurutnya, hal ini perlu dilakukan karena Covid-19 masih ada di tengah-tengah masyarakat Indonesia.

Germas sendiri merupakan sebuah gerakan yang dicanangkan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) sejak 2015.

“Masyarakat harus harus menjalani hidup lebih sehat dengan menerapkan Germas, dengan menjalani perilaku hidup bersih, olahraga teratur, istirahat yang cukup, serta melakukan pola makan sehat. Itu bagus sekali untuk vitalitas organ-organ kita, mulai dari jantung, darah, paru-paru,” kata Wenny dalam kegiatan sosialisasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) di kawasan Sukamaju Baru, Tapos, Kota Depok, Sabtu (15/10/2022).

Ia mengatakan, seharusnya pola hidup sehat seperti itu lah yang harus dijalankan oleh masyarakat dengan betul.

Masyarakat dapat melihat situs resmi Direktorat Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat Kemenkes dituliskan ada tujuh langkah Germas di antaranya melakukan aktivitas fisik, makan buah dan sayur, tidak merokok, tidak mengkonsumsi minuman beralkohol, melakukan cek kesehatan berkala, menjaga kebersihan lingkungan, dan menggunakan jamban.

“Termasuk menghindari untuk mengkonsumsi bahan-bahan yang tidak baik ya seperti rokok, alkohol. Karena itu termasuk juga bisa merusak darah. Rokok kita tahu bisa menyebabkan gangguan pada darah dan pembuluh darah. Alkohol juga bisa merusak,” ujar legislator Fraksi Golkar itu.

Baca Juga:   Bangun Water Tank, PDAM Depok Gelontorkan Rp13 Miliar

Untuk itu, Wenny mengingatkan masyarakat agar menghindari bahan-bahan yang dianggap mampu merusak organ tubuh.

Sementara itu, Covid-19 hingga kini memang masih mengintai dunia termasuk Indonesia. Pemerintah mengumumkan penambahan kasus harian Covid-19.

Pada Sabtu (15/10/2022) pukul 12.00 WIB, ada 1.678 kasus positif dalam 24 jam terakhir.

Dengan demikian, total kasus Covid-19 di Indonesia saat ini mencapai 6.455.542, terhitung sejak kasus pertama diumumkan Presiden Joko Widodo pada 2 Maret 2020.

Hal ini merujuk pada data yang dibagikan Satuan Tugas (Satgas) Covid-19.

Adapun, kegiatan Germas ini menghadirkan beberapa nara sumber diantaranya, Dirjen Nakes diwakili kepala BBPK Jakarta Laode Munafin, Dinas Kesehatan dari Provinsi Jabar Drg Juanita Paticia Fatima, Kabid P2P Dinas Kesehatan Kota Depok Umi Zakiati, para ketua RT/RW, kader posyandu posbindu, beserta tokoh masyarakat di Kota Depok.

(po/SINDE)


Baca juga

PT. Tirta Asasta Depok (Perseroda) Umumkan Penyesuaian Tarif

DEPOK, SINDE – Kali ini  PT. Tirta Asasta Depok (Perseroda) akan melakukan penyesuaian tarif pemakaian air …