Home / Jabodetabek / Gerobak Motor Listrik UMKM Binaan PLN Ramaikan EV FUNDAY
Gerobak motor listrik Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dalam _event_ Electric Vehicle (EV) FUNDAY

Gerobak Motor Listrik UMKM Binaan PLN Ramaikan EV FUNDAY

JAKARTA, SINDE – PT PLN (Persero) berkomitmen penuh mendukung pemerintah dalam percepatan ekosistem kendaraan listrik di Tanah Air. Hal itu salah satunya diwujudkan dengan menghadirkan lima gerobak motor listrik Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dalam _event_ Electric Vehicle (EV) FUNDAY yang digelar Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

Menteri ESDM, Arifin Tasrif memberikan apresiasi kepada inisiatif PLN karena mendukung UMKM dengan energi yang ramah lingkungan yakni kendaraan listrik.

“Bagus ini, bisa terus dikembangkan,” ucap Arifin saat mengunjungi gerobak listrik UMKM bersama Ketua DPR RI, Puan Maharani dan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, I Gusti Ayu Bintang Darmawati, Minggu (18/12).

Dalam kegiatan yang digelar di Plaza Timur GBK ini, gerobak listrik UMKM turut menyemarakkan dengan menjual berbagai makanan dan minuman mulai dari dimsum, bakso, jus buah, dan lain sebagainya. Aneka jajanan dan makanan tersebut tersedia gratis untuk pengunjung dan peserta konvoi motor listrik.

Direktur Retail dan Niaga PLN, Edi Srimulyanti mengatakan percepatan kendaraan listrik penting untuk mewujudkan Jakarta dan Indonesia yang bebas polusi. Edi sendiri telah dua kali mengikuti konvoi EV FUNDAY di Bandung dan Jakarta.

“Saya merasakan sendiri, asap dan polusi dari kendaraan bermotor konvensional saat macet di depan saya. Percepatan penggunaan kendaraan listrik penting dilakukan untuk mewujudkan Jakarta dan Indonesia bebas polusi,” kata Edi.

Baca Juga:   Kejagung Penjarakan Tersangka Korupsi Kondensat

EV FUNDAY diselenggarakan oleh Kementerian ESDM sebagai bentuk dukungan dan sosialisasi terhadap dikeluarkannya Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 65 Tahun 2020 tentang Konversi Sepeda Motor dengan Penggerak Motor Bakar Menjadi Sepeda Motor Listrik Berbasis Baterai. Acara ini merupakan ajang untuk memperkenalkan sekaligus mengajak masyarakat menggunakan kendaraan listrik.

Sementara, General Manager PLN UID Jakarta Raya, Doddy B Pangaribuan mengatakan, penggunaan kendaraan listrik, dalam hal ini gerobak motor listrik dapat memberikan keuntungan bagi UMKM, karena secara operasional lebih hemat dibandingkan kendaraan yang menggunakan BBM.

“Biaya operasional motor listrik bisa hemat 1/3 dari motor konvensional yang menggunakan bahan bakar fosil. Jadi sangat irit dan menguntungkan, apalagi untuk UMKM,” pungkasnya.

Hingga saat ini, ada 77 gerobak motor listrik yang tersebar untuk UMKM mitra binaan PLN di seluruh Indonesia, di Jakarta sendiri ada 12 gerobak motor listrik. Selain untuk berdagang, PLN juga sedang mengembangkan gerobak motor listrik untuk angkutan sampah.

(SINDE)


Baca juga

Dukung Pemulihan Pasca gempa Cianjur, PLN Alirkan Penyambungan Listrik Sementara di Huntara

Cianjur, SINDE – PT PLN (Persero) terus bersiaga menjaga kelistrikan pascagempa Cianjur dengan memberikan layanan …