Ingat! Ini 6 Manfaat Bangun Pagi Bagi Kesehatan Fisik dan Mental

oleh -2 Dilihat
Ilustrasi/Pixabay

Depok, SINDE – Bangun pagi merupakan hal yang mudah sekali dilakukan bagi sebagian orang karena memang sebagai rutinitas yang menjadikannya terbiasa.

Namun bagi beberapa orang bangun pagi adalah hal yang sangat sulit dilakukan dan bahkan menjadi seperti suatu paksaan.

Walaupun terasa begitu sulit untuk dilakukan oleh sebagian orang, ternyata bangun pagi memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan tubuh.

Dilansir dari beberapa sumber, berikut mamfaat bangun pagi bagi kesehatan :

1. Mencegah Resiko Gangguan Kesehatan Mental

Ada beberapa gangguan kesehatan mental seperti depresi, kecemasan dan perubahan suasana hati atau mood yang terjadi apabila kurang tidur dan berakhir terpaksa bangun pagi atau bangun siang. Beberapa peneliti menyatakan bahwa bangun pagi menunjukkan gejala kesehatan mental yang lebih baik. Bagi mereka, akan merasa optimis, puas dan merasa postif dalam menghadapi situasi.

2. Memiliki Kulit Yang Sehat

Bangun pagi dan tidur lebih awal dapat membantu Anda untuk memiliki kulit sehat secara alami. Pasalnya seseorang yang sering mengalami kebiasaan begadang setiap malam akan memicu penuaan dini seperti, kerutan, garis halus, hingga mempunyai mata panda hitam. Maka, bangun pagi dapat membantu meregenerasi kulit.

3. Membuat Tubuh Segar dan Bugar

Bangun tidur lebih awal pagi juga dapat membantu tubuh Anda lebih segar dan bugar. Ketika bangun pagi, tubuh akan merasa bugar saat bangun karena memiliki semangat dan menghirup udara yang segar belum ada polusi. Bangun pagi juga dapat membantu tubuh lebih rileks dan lebih siap untuk melakukan aktivitas di siang harinya. Biasanya, seseorang yang bangun pagi akan memiliki waktu untuk melakukan olahraga ringan atau peragangan yang dapat membantu tubuh lebih segar dan bugar.

Baca Juga:   Besok! RSUD ASA Gelar Donor Darah Meriahkan HUT Kota Depok

4. Memiliki Waktu Untuk Sarapan

Saat bangun pagi tanpa kecuali Anda akan langsung dihadapkan dengan sarapan yang membantu menyehatkan dan menambah energi. Sarapan pada pagi hari merupakan waktu yang penting dalam sehari – hari. Selain itu juga Anda akan mendapatkan vitalitas dan membuat Anda akan mendapatkan energi lebih banyak untuk melakukan aktivitas nantinya.

5. Mengurangi Resiko Terkena Stres

Apabila Anda bangun pagi, otomatis Anda akan berangkat lebih awal untuk bekerja sehingga terhindar dari kemacetan di jalan yang memicu rasa stress. Sebagian seseorang masih mengabaikan stress, faktanya stress juga dapat menyebabkan berbagai kesehatan termasuk depresi, tekanan darah tinggi hingga memicu penyakit jantung.

6. Memiliki Konsentrasi Tinggi

Seseorang yang lebih dulu bangun pagi karena sudah merasa cukup tidur, maka akan memiliki konsentrasi yang tinggi atau fokus. Namun sebaliknya, sebagian orang akan merasa pusing dan linglung ketika bangun tidur.

Hal itu disebabkan karena mereka membutuhkan waktu sejenak untuk menyiapkan sistem saraf agar dapat bekerja kembali normal. Umumnya seseorang memerlukan sekitar 1 jam agar otak dapat kembali bekerja.

Maka dengan bangun pagi, Anda akan memiliki waktu yang lebih panjang untuk menyiapkan segalanya sehingga dapat berkonsetrasi untuk melakukan aktivitas.

No More Posts Available.

No more pages to load.