Ini Sederet Cara Alami Turunkan Tekanan Darah Tinggi

oleh
Ilustrasi/Pexels

Depok, SINDE – Tekanan darah tinggi atau hipertensi merupakan ancaman kesehatan yang tidak bisa disepelekan.

Pasalnya tekanan darah tinggi dapat menyebabkan masalah yang serius, seperti penyakit jantung, stroke, dan kerusakan organ lainnya jika diabaikan.

Oleh karena itu sangat penting bagi kita untuk memantau tekanan darah secara teratur dan mengontrolnya agar tetap berada dalam batas aman.

Obat merupakan pilihan utama untuk mengobati tekanan darah tinggi. Namun, seiring dengan membaiknya tekanan darah dengan modifikasi gaya hidup, obat-obatan dapat dihentikan secara bertahap.

Tekanan darah tinggi dapat terjadi secara tiba-tiba tanpa tersedianya obat dalam jangkauan. Jika kenaikan tekanan darah disertai dengan komplikasi seperti stroke dan serangan jantung, segera temui dokter.

Namun, jika mendapati tekanan darah tinggi tanpa adanya komplikasi, terdapat beberapa cara cepat yang dapat dilakukan untuk menurunkannya.

Dilansir dari dari berbagai sumber, berikut sederet cara alami menurunkan tekanan darah tinggi, antara lain:

1. Tarik napas yang dalam dan coba untuk rileks

Stres dan kecemasan dapat meningkatkan tekanan darah. Jadi, meluangkan waktu sejenak untuk menenangkan diri dapat membantu menurunkannya. Lakukanlah latihan pernapasan yang memperlambat detak jantung dan meningkatkan relaksasi.

2. Minum air putih

Dehidrasi dapat menyebabkan kenaikan tekanan darah. Karena hal itu, meminum segelas air putih dapat membantu dalam menurunkannya.

3. Lakukan aktivitas fisik

Baca Juga:   Di Bawah Guyuran Hujan, Korps Adyaksa Depok Tetap Semangat Bagikan Bantuan Sembako

Berjalan-jalan atau melakukan peregangan ringan dapat membantu menurunkan tekanan darah. Cobalah untuk melakukan olahraga secara teratur dan bergerak lebih banyak.

4. Makan cokelat hitam

Cokelat hitam mengandung flavonoid, yakni senyawa yang terbukti dapat menurunkan tekanan darah. Pastikan untuk mengonsumsinya dalam jumlah yang cukup dan tidak berlebihan.

5. Mandi air dingin

Air dingin dapat menyebabkan pembuluh darah mengerut sehingga dapat menurunkan tekanan darah.

6. Hindari rokok dan alkohol

Rokok dan alkohol dapat meningkatkan risiko hipertensi. Bahkan, konsumsi alkohol dapat meningkatkan tekanan darah pada orang yang tidak memiliki hipertensi. Karena itu, penting untuk menghindari kedua hal ini untuk menjaga tingkat tekanan darah yang sehat.

No More Posts Available.

No more pages to load.