Home / Jabodetabek / Kejari Depok Gelar Sidang Lewat Video Conference
Tekan Penyebaran Corona : Salah satu terdakwa mengikuti sidang video conference dari Rumah Tahanan (Rutan) Kelas II B Cilodong Depok, Senin (30/3).

Kejari Depok Gelar Sidang Lewat Video Conference

SINDE – Kejaksaan Negeri (Kejari) Depok menggelar sidang menggunakan sarana video conference atau disebut elektronic court (e-court) untuk menekan angka penyebaran virus corona.

Kasipidum Kejari Depok Arief Syafriyanto mengatakan, sidang menggunakan vicon dilakukan sebagai dukungan terhadap imbauan pemerintah untuk membatasi kegiatan di luar rumah dan menerapkan social distancing atau saling menjaga jarak.

“Sidang e-court yang saat ini dilaksanakan untuk agenda tuntutan dan pembuktian JPU,” kata Arief dalam keterangan tertulis, Senin (30/3/2020).

Sidang menggunakan vicon pertama kali dilakukan oleh Kejaksaan Negeri Depok bersama dengan Pengadilan Negeri Depok dan Rumah Tahanan (Rutan) Kelas II B Cilodong Depok.

Arief mengungkapkan, Kejari Depok hanya menghadirkan jaksa dan hakim di ruang persidangan. Sedangkan, terdakwa dapat menghadiri persidangan secara online dari Rutan.

“Jaksa tetap berada di kantor kejaksaan dan hakim di pengadilan, terdakwa tidak perlu hadir di pengadilan cukup di rutan saja, komunikasi dilakukan melalui sarana Vicon,” ungkap Arief.

Seperti diketahui, sidang Vicon (Video Conference) mengacu pada asas keselamatan rakyat, sebagaimana Surat edaran Jaksa Agung RI, No. : B-049/A/SUJA/03/2020 tanggal 27 Maret 2020. Surat Menteri Hukum dan HAM RI, No : M.HH.EK.01.01.01-03 tanggal 24 Maret 2020. Dan Surat Makhamah Agung RI, No. : 379 DJU/PS.00/3/2020 tanggal 27 Maret 2020.

(po/SINDE)

Baca Juga:   Wenny Haryanto Sosialisasikan Empat Pilar Kebangsaan

Baca juga

Negatif, Hasil Tes Urine Seluruh Jaksa dan Pegawai di Kejari Depok

SinarDepok.com – Perkara penyalahgunaan Narkoba, masih mendominasi di Kota Depok. Antisipasi dan penanganan penyebaran barang …