Home / Lain-lain / Keren ! TPPS Depok Miliki Mesin Pengolahan Sampah
Bantuan : Peresmian operasional TPPS Hanggar 3 Jalan Merdeka, Sukmajaya Depok.

Keren ! TPPS Depok Miliki Mesin Pengolahan Sampah

Depok – Wali Kota Depok, Muhammad Idris menghadiri sekaligus meresmikan Tempat Pembuangan Sampah Setempat (TPSS) Hanggar 3 Jalan Merdeka, Kelurahan Abadijaya, Kecamatan Sukmajaya, pada Jumat (01/03/2019) lalu.

Pada kesempatan itu Muhammad Idris menyampaikan, kini TPSS telah dilengkapi alat modern yang mampu mengolah sampah hingga tiga ton per harinya.

“Alhamdulillah, kini Pemkot Depok memiliki alat modern pengolah sampah di TPS. Dari 13 mesin itu diantaranya, mesin pemilah, mesin pencacah organik, dan pencetak pelet yang tentunya mempunyai banyak kelebihan,” kata Idris sapaan akrabnya.

Dirinya pun menyebutkan, saat ini alat pengolah sampah tersebut masih dalam tahap uji coba.

“Sampah yang diolah masih sebatas sampah daun kering, ranting maupun dahan. Nantinya olahan sampah ini akan lebih beragam jenisnya, seperti bisa menghasilkan tenaga listrik yang digunakan untuk menghidupi mesin, serta menghasilkan briket berfungsi sebagai bahan bakar pengganti arang. Jika sudah efektif nantinya mungkin bisa dimanfaatkan oleh masyarakat,” jelas Idris.

Sementara itu Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Depok Etty Suryahati mengatakan, alat tersebut merupakan hibah dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen-PUPR) untuk Pemkot Depok. Adapun anggaran bantuan alat yang dikucurkan oleh Kemen PUPR mencapai Rp 1,4 miliar.

“Ini hibah dari Kemen-PUPR, sebaga salah satu solusi untuk mengelola sampah. Kami juga dibantu oleh petugas yang berjumlah enam orang. Semoga alat ini bisa mengurangi sampah yang masuk ke TPA secara signifikan,” ujar Etty.

Baca Juga:   Camat Sukmajaya : SBRK Baktijaya Luar Biasa

(po/ndra/sinde)

Baca juga

Olahraga Bersama Kejaksaan Negeri (Kejari) Depok

Kajari Depok ditaklukan Kasi Pidum

SINDE – Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Depok Yudi Triyadi ditaklukan Kepala Seksi Pidana Umum (Kasi …