Mantap! Koramil 06/Cimanggis Ubah Lahan Tidur di Cilangkap Jadi Urban Farming

oleh -15 Dilihat
Kepala UPT Rusunawa Kota Depok, Raden Iwan Hendrawan mendampingi Danramil 06/Cimanggis, Mayor Infantri Henky Panjaitan dan stakeholder se-Kelurahan Cilangkap meninjau lahan tidur di kawasan Rusunawa Kota Depok, Senin (15/01/24). (Foto : Diskominfo).

Depok,SINDE – Koramil 06/Cimanggis akan mengubah lahan tidur yang berada di kawasan Rumah Susun Sederhana Sewa (Rusunawa) Kota Depok, yang terletak di RW 05 Kelurahan Cilangkap menjadi pertanian perkotaan atau urban farming.

Danramil 06/Cimanggis, Mayor Infantri Henky Panjaitan menjelaskan, program ini bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan warga masyarakat, khususnya warga yang tinggal di Rusunawa.

Lahan yang terdapat di Rusunawa sangat cocok untuk menjalankan program Urban Farming.

“Lahannya lumayan, bisa diolah ditanah kosong atau lahan tidur. Sangat cocok untuk menjalankan program ini, terlebih lahan tudurnya cukup luas,” tuturnya dilansir melalui laman resmi Kota Depok.

Menurutnya, langkah ini dinilai penting dalam menjaga ketahanan pangan di wilayahnya, khusunya di Kelurahan Cilangkap. Nantinya, program ini akan dijalankan oleh warga rusun berkolaborasi dnegan warga sekitar rusun yaitu warga RW 05 Cilangkap.

“Nantinya, program itu akan dijalankan oleh warga dan hasilnya bisa dimanfaatkan oleh warga juga,” ucap dia.

Sebagai langkah awal, dia bersama stakeholder terkalit telah meninjau lahan di Rusunawa pada hari Rabu, (10/01) pekan lalu. Selanjutnya, akan dirapatkan kembali terkait perencanaan dan perlengkapan apa saja yang dibutuhkan.

“Nanti kami buat dulu, supaya kami bisa tahu apa yang duluan kita kerjakan dulu,” kata dia.

Dari hasil peninjauan, ada beberapa rencana yang dapat diimplementasikan.

Pertama adalah untuk pertanian, seperti Palawija, dan sayur-sayuran yang dibutuhkan oleh masyarakat.

Baca Juga:   Semoga Berhasil, 12 Pelajar SD Wakili Depok di Ajang O2SN Tingkat Jawa Barat

“Kebutuhan dapur, seperti cabai, tomat, sayur-sayuran. Kedua, nanti mungkin tanaman-tanaman obat-obatan, kemudian tanaman hias yang sangat-sangat dibutuhkan, seperti itu,” paparnya.

“Jika memungkinkan, kita juga akan buat peternakan seperti ikan, ayam, bebek, yang bisa dikonsumsi oleh masyarakat,” katanya.

Dia menargetkan, program ini akan secepatnya bisa dilaksanakan agar dapat membantu masyarakat yang kesulitan. Terutama, saat lebaran bisa digunakan secara maksimal.

“Semoga program ini dapat terlaksana dengan baik san kedepan tempat ini bisa menjadi tempat yang ciamik, agar masyarakat bisa refreshing disini, tidak perlu jauh keluar kota,” tutupnya.

No More Posts Available.

No more pages to load.