Mantap! Kota Depok Pertahankan Anugerah Parahita Ekapraya Kategori Utama

oleh
Wali Kota Depok Mohammad Idris menerima Anugerah Parahita Ekapraya (APE) Tahun 2023 kategori Utama dalam acara penganugerahan di Studio Grand Metro TV, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Selasa (19/12/2023). (Foto : Humas Depok)

Depok, SINDE – Pemerintah Kota (Pemkot) Depok menerima Anugerah Parahita Ekapraya (APE) Tahun 2023 kategori Utama dalam acara penganugerahan di Studio Grand Metro TV, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Selasa (19/12/23).

Dengan perolehan APE ini, Pemkot Depok berhasil mendapatkan kategori Utama sebanyak tiga kali dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), yaitu di tahun 2018, 2021 dan 2023.

“Ini sebagai penghargaan realisasi dari capaian Pengarusutamaan Gender (PUG),” kata Wali Kota Depok, Mohammad Idris yang menerima langsung penghargaan bergengsi tingkat nasional ini.

Tentu pencapaian Pemerintah Kota (Pemkot) Depok tersebut karena yang dinilai ialah perencanaan kebijakan dan program-program yang berpihak kepada pemberdayaan perempuan.

“Di Kota Depok ada program yang namanya 5.000 Wirausaha Baru atau WUB, mayoritasnya adalah kaum perempuan,” kata Kiai Idris, sapaan akrab Wali Kota Depok, Mohammad Idris, usai menerima APE 2023.

Demikian juga khususnya Pemkot Depok memberikan program yang namanya 1.000 Pengusaha Perempuan.

“Jadi yang lebih diutamakan adalah mereka yang rentan menghidupkan keluarganya, yaitu Perempuan Kepala Keluarga (PEKKA), mereka juga kita berdayakan, sehingga inilah yang menjadi perhatian kita,” tuturnya.

“Dan Alhamdulillah kita bisa bertahan dengan kategori Utama, mudah-mudahan ke depan bisa lebih kita tingkatkan lagi untuk kategorinya,” jelas Kiai Idris.

Dikatakannya, ke depan pihaknya akan meningkatkan inovasi-inovasi yang dinilai oleh pemerintah pusat dalam hal pengembangan dari program PUG.

Baca Juga:   Akhirnya, Parkir Liar di Seberang Balai Kota Depok Ditertibkan

“Kalau masalah kesetaraan dari sisi pejabat, legislatif, semua sudah memenuhi keberpihakan dari kesetaraan gender,” ungkapnya.

Maka dari itu, perempuan-perempuan di Kota Depok diharapkan dengan diberikannya peluang seperti ini, mereka harus meningkatkan keberdayaan mereka.

“Juga perhatian kita kepada penduduk yang memang rentan, di antaranya PEKKA, dan adik-adik dari disabilitas, mereka yang perlu kita berdayakan untuk mewujudkan PUG,” tandasnya.(

No More Posts Available.

No more pages to load.