Mulai Januari 2024, Pemkot Depok Hapus Retribusi Pemakaman Umum

oleh -1 Dilihat
Sejumlah warga mengunjungi makam sanak keluarga di salah satu pemakaman di Kota Depok, Jawa Barat. Seiring berjalannya waktu, lokasi Tempat Pemakaman Umum (TPU) di Kota Depok semakin menyusut. Hingga saat ini hanya tinggal enam lokasi yang masih bisa menampung jenazah, baik warga Depok maupun luar Depok.(Ahmad Fachry/Warta Media Group)

Depok, SINDE – Pemerintah Kota (Pemkot) Depok melalui Dinas Perumahan dan Permukiman (Disrumkim) mulai 01 Januari 2024 menghapuskan seluruh biaya retribusi untuk Pemakaman Umum.

Penghapusan ini berlaku untuk 13 Tempat Pemakamam Umum (TPU) yang dikelola Pemkot Depok.

“Per 1 Januari 2024 pelayanan pemakaman umum pada Unit Pengelola Teknis Dinas (UPTD) Pemakaman Umum bebas biaya retribusi alias gratis,” ujar Kepala UPTD Pemakaman Umum, Muhamad Iksan, dikutip melalui laman resmi Pemkot Depok.

Dikatakannya, retribusi pemakaman umum dihapuskan karena adanya aturan Undang-undang Nomor 1 Tahun 2022 Tentang Hubungan Keuangan antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah. Di mana segala hal yang menyangkut dengan biaya pelayanan dasar ke masyarakat harus dihapuskan, termasuk retribusi pemakaman umum.

“Kami mengacu pada undang-undang tersebut. Saat ini kami masih menunggu Peraturan Wali Kota (Perwal) terkait hal itu, sedang dibuat, Namun dasar tersebut (undang-undang) tetap harus kami jalani,” terangnya.

Kendati bebas retribusi, lanjut Iksan, terdapat beberapa perlengkapan pemakaman yang tidak dianggarkan oleh Disrumkim Kota Depok. Seperti, papan nama/nisan, papan penutup makam yang terbuat dari kayu maupun bambu, tikar dan tenda jika diperlukan.

“Peralatan tersebut tidak kami anggarkan namun Insyaallah tersedia di TPU. Jika ingin digunakan ahli waris, kami arahkan untuk berkomunikasi langsung dengan petugas pemakaman,” ucapnya.

“Mudah-mudahan dengan adanya penghapusan biaya retribusi ini, bisa meringankan beban keluarga yang ditinggalkan,” ujarnya.

Baca Juga:   PDAM Tirta Asasta Depok Bagikan 1.000 Tumbler

“Pengurusan berkas pemakaman juga bisa diakses melalui aplikasi Sistem Informasi Pemakaman Umum (Simakmum) Kota Depok atau melalui web www.simakmum.com,” tutupnya.

No More Posts Available.

No more pages to load.