Pemkot Depok Beri Penghargaan Terbaik I Pelaksana Swakelola ke Pokmas Kukusan

oleh -1 Dilihat
Pokmas Berkarya Kelurahan Kukusan, Abdul Latief Purwanegara menerima penghargaan Terbaik I Pelaksana Swakelola yang diserahkan oleh Asisten Perekonomian dan Pembangungan Sekretariat Daerah M. Fitriawan saat apel pagi di Halaman Balai Kota Depok, Senin (18/12/23). (Foto: Diskominfo)

Depok, SINDE – Pembangunan wilayah yang dilakukan secara swakelola di Kelurahan Kukusan, Kecamatan Beji meraih Penghargaan Terbaik I Pelaksana Swakelola oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Depok.

Ketua Kelompok Masyarakat (Pokmas) Kelurahan Kukusan yang tergabung dalam Pokmas Berkarya, Abdul Latief Purwanegara mengatakan, penghargaan ini dipersembahkan untuk masyarakat.

Sebab, menurutnya, sejatinya pembangunan wilayah harus melibatkan masyarakat.

“Pembangunan wilayah harus libatkan masyarakat. Jadi penghargaan ini untuk masyarakat bukan untuk Pokmas saja,” ujarnya usai menerima Penghargaan Kelurahan dan Pokmas Pelaksana Swakelola Terbaik I, II dan III, di Halaman Balai Kota Depok, Senin (18/12/23).

Dikatakannya, sejak awal penunjukan pembangunan wilayah, pihaknya langsung berkoordinasi dengan RT-RW hingga Kepala Seksi Ekonomi Pembangunan kelurahan sebagai Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK). Pelibatan dilakukan mulai dari pengawasan, pembangunan sampai dengan pemeliharaan.

“Saat rembukan juga kami juga libatkan Pemberdayaan Kesejahtetaan Keluarga (PKK) dan tokoh masyarakat. Jadi tersistematis. Laporan juga kami buat sesuai Petunjuk Pelaksana (Juklak) dan Petunjuk Teknis (Juknis) dari Bagian Administrasi Pembangunan Sekreatriat Daerah (Setda) Kota Depok, jadi sudah sesuai prosedur,” jelasnya.

Adapun, ujarnya, pembangunan yang dilakukan Pokmas Berkarya Kelurahan Kukusan antara lain pembangunan drainase di empat titik. Yang berlokasi di Jalan Kesatuan Raya RT 02 RW 01, Jalan Ahmad Dahlan II RT 01 RW 06, Jalan H Koja Raya RT 01 RW 05, Jalan Mandor Basyir 2 RT 03 RW 08.

Baca Juga:   Layanan SIM Keliling Depok Hari Ini, Rabu 3 Januari 2024

“Alhamdulillah atas penghargaan ini. Uang pembinaan senilai Rp5 juta ini akan kami serahkan lagi ke masyarakat dan stakeholder yang terlibat,” ucapnya.

Sementara itu, Camat Beji Hendar Fradesa mengucapkan selamat dan terima kasih atas kinerja Pokmas yang ikut membantu pemerintah hadirkan pembangunan di wilayah, khususnya terkait infrastruktur di Kecamatan Beji.

“Alhamdulillah atas raihan ini. Sebelumnya terdapat 15 Pokmas yang terlibat dari enam kelurahan di Beji. Kinerja semua Pokmas terbilang baik,” ungkapnya.

“Tahun depan akan kita usulkan Pokmas lainnya untuk mengikuti penilaian ini agar bergilir. Selamat sekali lagi, lanjutkan pembangunan yang lebih baik untuk Kota Depok,” tutupnya.

No More Posts Available.

No more pages to load.