Pertama di Indonesia, Depok Jadi Tuan Rumah Kompetisi Robotik

oleh -11 Dilihat
Peserta dari dalam negeri yang mengikuti kompetisi robotik tingkat Nasional di Aula Serbaguna Lantai 10 Gedung Dibaleka II, Jumat (05/01/24).

Depok, SINDE – Kota Depok tahun ini didapuk menjadi tuan rumah pergelaran kompetisi robotik tingkat nasional atau yang disebut Indonesia First Robotic (IFR) Regional Nusantara Competition untuk pertama kalinya di Indonesia.

Kompetisi yang berjenjang ini telah mendapat izin resmi dari For Inspiration and Recognition of Science and Technology (FIRST) Amerika.

Founder IFR, Riza Wahono mengatakan, pada tahun 2022 uji coba kompetisi ini telah dilaksanakan untuk menguji tingkat antusiasme masyarakat terhadap pertandingan robotik, di Yogyakarta. Tahun ini dilaksanakan di Kota Depok per 5 – 7 Januari 2024 dengan mengusung tema “Gracious Professionalism”.

“Kompetisi ini merupakan suatu latihan yang bagus untuk anak-anak agar dapat menjadi seseorang yang siap dengan industri teknologi, karena Indonesia butuh generasi emas, bukan generasi cemas pada 2045,” ujarnya dikutip melalui laman resmi Pemkot Depok.

Riza menjelaskan, terdapat 15 tim yang menjadi peserta kompetisi dengan sistem saling berkolaborasi. 11 tim berasal dari Indonesia, tiga tim berasal dari Kazakhstan, dan satu tim berasal dari Malaysia.

Penghargaan pada kompetisi ini terbagi menjadi 10 jenis penghargaan, yaitu winning alliance, finalist alliance, innovate award, connect award, motivate award, control award, judges award, design award, think award, dan inspire award.

Peserta dengan penghargaan kategori “inspire award” akan menjadi tim yang dikirim untuk mengikuti World Competition di Amerika pada April mendatang.

Baca Juga:   PT Tirta Asasta Gandeng Telkom Luncurkan Smart Water Meter

“Harapannya dengan mengikuti kompetisi ini, siswa yang terlibat dapat menjadi problem solver yang hebat, dan menguasai teknologi” tutup Riza.

No More Posts Available.

No more pages to load.