Home / Nasional / PLN Buka Ajang Knowledge Sharing Antar Perusahaan Energy Asia
Joint Maintenance Cooperation Committee Meeting (JMCC) ke-22 di Countryard by Marriot, Nusa Dua Bali, Selasa (06/12/22).

PLN Buka Ajang Knowledge Sharing Antar Perusahaan Energy Asia

Nusa Dua, SINDE – Direktur Transmisi dan Perencanaan Sistem PT PLN (PERSERO) Evy Haryadi membuka Joint Maintenance Cooperation Committee Meeting (JMCC) ke-22 di Countryard by Marriot, Nusa Dua Bali, Selasa (06/12/22).

Kegiatan JMCC yang digelar 6-7 Desember 2022 tersebut merupakan kegiatan sharing knowledge yang anggotanya terdiri dari PLN, Electricity Generating Authority of Thailand (EGAT), Tenaga Nasional Berhad (TNB), Sarawak Energy (SEB), Sabah Electricity Sdn Bhd (SESB) dan member baru Nasional Power Transmission Corporation (EVNNPT) Vietnam.

JMCC digelar secara bergantian, tahun ini PLN yang menjadi tuan rumah, meskipun sempat tertunda 2 tahun akibat masa pandemi covid-19.

PLN telah menjadi bagian dari JMCC sejak tahun 2003 sebagai Observer di Kinabalu, Malaysia, yang sebelumnya hanya beranggotakan EGAT dan TNB, kemudian PLN resmi bergabung sebagai Anggota di tahun 2004. Adapun PLN juga didapuk sebagai tuan rumah, untuk pertama kalinya, sementara ke-4 kalinya penyelenggaraan JMCC dilaksanakan di Bali.

Dalam sambutan Evy Haryadi menyampaikan bahwa, begitu banyak manfaat yang didapat dari knowledge sharing diantara Utilities khususnya dalam pengelolaan Transmisi, Gardu Induk dan Trafo khususnya dalam kegiatan yang berkaitan system ketenagalistrikan di Indonesia.

“Rekomendasi dari hasil diskusi di JMCC secara nyata di implementasikan oleh para Enjinir khususnya di seluruh unit transmisi, yang hingga kini masih dilaksanakan secara berkesinambungan,” katanya.

Dikatakannya, ada 3 Task Force dari masing-masing negara, yaitu Task Force Gas Insulated Substation(GIS), Task Force Transformer (Trafo) dan Task Force Live Line Maintenance (Pemeliharaan Transmisi) yang secara intens berdiskusi untuk mengangkat permasalahan yang sering terjadi dalam Operation Maintenance, sehingga dapat membantu dalam penyelesaian masalah yang kerap terjadi di lapangan.

Baca Juga:   Anggota DPR RI Golkar Gandeng Kemenkes RI dan Dinkes Sosialisasi Germas dan Kesehatan Haji

“Para Enjinir muda PLN juga diuji kemampuannya dalam menyampaikan materi dalam Bahasa inggris dan juga berdiskusi secara langsung, sebagai bagian dari peningkatan kompetensi para enjinir muda PLN,” jelasnya.

Dilokasi yang sama, Erwin Ansori selaku General Manager PLN Unit Induk Transmisi Jawa Bagian (PLN UIT JBB) dalam sambutannya  mengatakan, bahwa dirinya pernah menjadi bagian dari kegiatan JMCC ini, memulai sebagai Presenter di Tahun 2005 di Yogyakarta, kemudian menjadi Komite Member dan sekarang sebagai PLN Chairman.

“Sepertinya JMCC ini menjadi suatu jenjang karir baginya, suatu yang membanggakan, untuk dapat terus mengikuti kegiatan yang paling dinanti oleh insan PLN yang berada di unit transmisi,” ungkap Erwin.

Ia pun berharap kedepan kerjasama tetap bisa terus terjalin, dan terus berkembang untuk membangun sinergi dalam semangat JMCC,  agar system ketenagalistrikan di Asean dapat terus berkembang khususnya diantara negara anggota JMCC.

“Berharap, kerjasama ini dapat terus terjalin dalam membangun sinergi dalam semangat JMCC, agar sistem ketenagalistrikan khususnya di Asean dapat terus berkembang,” harapnya.

(hum/po)


Baca juga

PLN Sukses Jaga Pasokan Listrik Saat Malam dan Hari Natal

Jakarta, SINDE – PT PLN (Persero) sukses menjaga keandalan pasokan listrik di Malam dan Hari …