Home / Jabodetabek / PUPR Depok Respon Cepat Tangani Longsor yang Akibatkan Lima Rumah Nyaris Tertimbun
Longsor : Perum Griya Depok Asri Kelurahan Mekarjaya, Sukmajaya Depok, nyaris tertimbun longsoran tanah dan puing turap, Selasa (24/12) sore.

PUPR Depok Respon Cepat Tangani Longsor yang Akibatkan Lima Rumah Nyaris Tertimbun

Depok, SINDE – Hujan deras disertai angin kencang yang mengguyur Kota Depok pada Selasa (24/12/2019) sore, sekitar pukul 15.00 WIB membuat 5 rumah warga di Perum Griya Depok Asri (GDA), Kelurahan Mekarjaya, Kecamatan Sukmajaya Depok, nyaris tertimbun longsoran tanah dan bangunan turap.

Namun, adanya informasi yang disampaikan warga dilanjutkan ke anggota DPRD Depok Dapil Sukmajaya Depok Hengky, membuat Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) langsung bergerak cepat melakukan langkah tindakan penanganan longsor tersebut.

Sigap : Anggota DPRD Dapil Sukmajaya Depok Hengky, meninjau langsung lokasi longsor di Perum GDA, Selasa (24/12) sore.

 

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Depok Dadan Rustandi mengatakan, pihaknya langsung menurunkan personel satuan tugas (Satgas) SDA ke lokasi tanah longsor yang berada di wilayah perbatasan RW 02 dan RW 24 Kelurahan Mekarjaya itu.

“Setelah mendapat informasi ada longsor, personel Satgas SDA langsung diturunkan ke lokasi untuk lakukan penanganan. Saat ini kami lakukan pembersihan material serta tindakan untuk mencegah longsor susulan,” kata Dadan ketika berada di lokasi longsor  kepada Sinardepok.com, Selasa malam.

Menurut Dadan saat ini personel Satgas SDA masih terus melakukan pembersihan material longsor yang menutup bagian belakang rumah milik warga GDA.

“Setelah semua material dibersihkan, kami akan lakukan hal selanjutnya memperbaiki saluran air warga yang amblas yang menjadi penyebab utama longsor ini. Hal lainnya untuk mencegah agar longsor tidak semakin meluas,” kata Dadan didampingi Kabid SDA PUPR Depok Denny Setiawan dan Kasi Pemeliharaan SDA Bahtiar Ardiansyah.

Baca Juga:   Kejari Depok Galakan Program Jaksa Masuk Pesantren

Respon Cepat : Kadis PUPR Dadan Rustandi didampingi Kabid SDA Denny dan Kasi SDA Bachtiar, meninjau langsung lokasi longsor di Perum GDA Mekarjaya, Selasa malam.

Lanjut Dadan, pihaknya akan memperbaiki saluran pembuangan air warga yang amblas dan memasang bronjongan sebagai turap sementara, sebelum pembuatan turap permanen dilakukan.

Dadan memastikan tidak ada korban jiwa dan korban luka dalam peristiwa longsor yang mengakibatkan lima bangunan rumah hampir tertimbun puing longsoran tanah di perumahan GDA Mekarjaya ini.

Sementara Halim, selaku sekretaris RW 24 Kelurahan Mekarjaya mengatakan, rumah warga yang nyaris tertimbun longsoran tanah dan puing turap di Perum GDA Jalan Tole Iskandar terjadi secara tiba-tiba ketika turuh hujan deras, Selasa Sore.

Untungnya, kata dia, saat kejadian tidak ada warga yang sedang beraktifitas di belakang rumah atau bagian dapur.

“Tiba-tiba saja tanah dan turap ikut longsor dan sebagian bangunan belakang rumah warga tertimbun,” sebut Halim.

Ia menjelaskan longsor yang terjadi diperkirakan karena turap penahan yang ada di bawah saluran air perbatasan RW 02 dan RW 24 Mekarjaya, tidak mampu lagi menahan bangunan yang ada di bawahnya. Karena, kondisi saluran air atau yudit yang berlubang menyebabkan menggerus tanah dan pondasi turap.

“Karena sering hujan, bikin pembuangan air dari saluran warga menggerus turap yang sepertinya sudah lama. Jadinya rapuh dan longsor,” kata dia.

Namun begitu, mewakili warga GDA sangat mengapresiasi atas respon cepat dari Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Depok tampak langsung melakukan penanganan, untuk mencegah longsor meluas.

(dik/po/SINDE)

Baca juga

Olahraga Bersama Kejaksaan Negeri (Kejari) Depok

Kajari Depok ditaklukan Kasi Pidum

SINDE – Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Depok Yudi Triyadi ditaklukan Kepala Seksi Pidana Umum (Kasi …