Puskesmas Sukmajaya Buka Pelayanan Pemeriksaan Calon Haji

oleh -32 Dilihat
Ilustrasi pemeriksaan dokumen kesehatan calhaj di aula kedatangan Asrama Haji Embarkasi Bekasi tahun 2022 lalu. (Foto: Diskominfo)

Depok, SINDE – Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Puskesmas Sukmajaya telah membuka layanan pemeriksaan kesehatan khusus bagi calon jemaah haji (calhaj) asal Kecamatan Sukmajaya. Dimulai sejak 22 Desember 2023 lalu, pemeriksaan dilakukan pada Senin hingga Sabtu mulai pukul 08.00 WIB.

Kepala UPTD Puskesmas Sukmajaya, Anita Rachmawati mengatakan, Senin hingga Sabtu dilakukan pemeriksaan kesehatan bagi calhaj yang sudah mempunyai hasil laboratorium, rontgen dan rekam jantung (EKG). Untuk kuota berbeda setiap harinya tergantung kecukupan jumlah petugas.

“Kuota kami batasi karena proses pemeriksaan kesehatannya membutuhkan waktu yang lama,” tuturnya dilansir melalui laman resmi Pemkot Depok.

Bagi calhaj yang belum melakukan pemeriksaan laboratorium, rontgen dan EKG sesuai yang disarankan dapat datang langsung ke Puskesmas Sukmajaya. Calhaj dapat datang pada hari Senin hingga Jumat, pukul 08.00 hingga 10.30 WIB tanpa dibatasi kuota.

Anita menjelaskan, pemeriksaan kesehatan terdiri dari beberapa tahapan. Yaitu, pemeriksaan fisik dan penunjang seperti pemeriksaan darah, urin, rontgen dan EKG serta pemeriksaan kesehatan jiwa (SRQ), pemeriksaan mental, pemeriksaan Kognitif dan Activity Daily Living (ADL) atau kemampuan aktivitas harian.

Selanjutnya, bagi calhaj yang akan melakukan pemeriksaan kesehatan harus menyiapkan sejumlah persyaratan. Seperti, fotokopi KTP, nomor gawai, nomor porsi dan materai sebanyak satu lembar.

Materai digunakan untuk membuat surat pernyataan sebagai salah satu syarat yang akan diinput dalam aplikasi Sistem Informasi Kesehatan Jemaah Haji Indonesia (Siskohatkes).

Baca Juga:   Berikut Daftar Jemaah yang Masuk Alokasi Kuota Haji Reguler 1445 H/2024 M

“Untuk mempermudah penyampaian informasi kepada jemaah haji Puskesmas Sukmajaya juga mempunyai grup whatsapp jemaah haji,” tutupnya. (

No More Posts Available.

No more pages to load.