Rakerkomwil III APEKSI Bahas Isu Strategi Kolaborasi Pengentasan Permasalahan Perkotaan Menuju Indonesia Emas 2045

oleh -25 Dilihat

Depok, SINDE – Direktur Eksekutif APEKSI, Alwis Rustam menekankan ada tiga poin yang menjadi tantangan daerah, untuk dibahas dan koordinasikan dalam kegiatan Rapat Koordinasi Komisariat Wilayah (Rakorkomwil) III Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI). Tantangan ini juga dibahas di seluruh daerah se-Indonesia.

“Ada tiga tantangan utama yang kini hangat diperbincangkan diberbagai daerah. Pertama, yaitu saat ini kita sedang mengalami tsunami regualsi atau overlaping kebijakan. Belum selesai satu sosialisasi, ada kebijakan baru lagi. Kebijakan-kebijakan seperti ini harus dirumuskan. Agar tidak tumpang tindih,” katanya saat pembukaan kegiatan Rakorkomwil III APEKSI, di Ballroom The Margo Hotel, Margonda, Jumat (17/05/24).

Kedua, lanjut Alwis, yaitu peningkatan ekonomi maupun inflasi. Ada beberapa daerah yang mengalami musim paceklik atau panen langka. Menurutnya, pertumbuhan ekonomi menjadi salah satu tantangan.

“Kemudian, ketiga adalah Suksesi. Maksudnya adalah, pemangku di setiap wilayah harus bisa menciptakan suksesi Pemilihan Kepala Daerah Serentak. Untuk skala nasional, pengurus Apeksi juga harus bisa menciptakan suksesi acara yang rutin diselenggarakan setiap tahun ini,” jelasnya.

Alwis, juga menyambut baik semua persiapan yang telah dilakukan Pemerintah Kota Depok dan seluruh wilayah yang terlibat dalam rangkaian kegiatan Apeksi. Ia berharap koordinasi bisa terus dimaksimalkan.

“Kita perkuat upaya-upaya yang bisa dilakukan. Ada 100 lebih kegiatan, dari 53 program utama dan 8 komponen Apeksi. Mudah-mudahan bisa dibahas dan dibawa ke tingkat nasional,” tutupnya.

Baca Juga:   Pohon Tumbang Timpa 3 Motor di PN Depok

Seperti diketahui, Kota Depok menjadi tuan rumah pelaksanaan Rakorkomwil III APEKSI pada 16-18 Mei 2024. Adapun tema yang diangkat tahun ini yaitu Kolaborasi Pengentasan Permaslahan Perkotaan Menuju Indonesia Emas 2024.

(Guntur)

No More Posts Available.

No more pages to load.