Road Show UKW Jawa Barat, Wenny Haryanto: Wartawan Miliki Peranan Penting

oleh -24 Dilihat
oleh
Anggota Komisi IX DPR RI Wenny Haryanto (dua kiri, Anggota DPRD Provinsi Jabar Hasbullah Rahmat (kiri), Wakil Ketua DPRD Depok Yeti Wulandari (dua kanan) dan Anggota DPRD Depok Edi sitorus terima penghargaan PWI Jabar, Rabu (15/3/2022).

DEPOK, SINDE – Anggota Komisi IX DPR RI Wenny Haryanto menghadiri Program Road Show kegiatan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang digelar Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jawa Barat. Kali ini, Kota Depok yang ditunjuk sebagai tuan rumah.

Gelaran UKW ini dihelat selama dua hari yaitu 15-16 Maret 2023 di Zam-zam Tower, Margonda, Depok. Diikuti 102 peserta dari berbagai media di Jawa Barat.  

“Sebagai wujud silaturahmi, saya harap kerjasama dengan dengan PWI tak hanya berakhir di UKW ini. Dalam suatu kesempatan hendaknya selalu saling suport,” ungkapnya.

Selain itu,wenny mengatakan, wartawan khususnya di Kota Depok dapat terus memberikan pemberitaan edukasi kepada masyarakat untuk menyampaikan informasi yang benar dan valid.

“Karena wartawan memiliki peranan penting untuk menyampaikan informasi yang berimbang antara pemerintah dan masyarakat,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua PWI Jabar Hilman Hidayat mengatakan, UKW merupakan salah satu upaya dalam meningkatkan kualitas wartawan. Pasalnya Jabar memiliki penduduk yang banyak atau berpopulasi padat dengan pertumbuhan media massa yang juga ikut meningkat.

“Media banyak, kalau wartawan atau konten kreatornya tidak terkualifikasi baik bagaimana dengan beritanya. Kami ingin jurnalis memenuhi masuk kaidah jurnalistik di Indonesia,” ucapnya.

Dikatakannya, UKW saat ini merupakan angkatan 57-58 dan sudah hampir 300 wartawan di Jabar yang tersertifikasi UKW. Program ini juga merupakan amanat dari Gubernur Jabar Ridwan Kamil yang ingin meningkatkan profesionalisme wartawan.

Baca Juga:   Wenny Sosialisasi Stunting di Depok, Ada Hadiah DP Umrah dan Doorprize Menarik

“UKW ini salah satunya bertujuan untuk meningkatkan kapasitas seorang pewarta dalam menjalankan tugasnya dalam mencari dan menyampaikan berita yang berkualitas sesuai dengan UU Pers dan kode etik jurnalistik. Kami akan terus melakukan roadshow ke beberapa wilayah sampai tercetak 1.000 wartawan tersertifikasi,” tutupnya.

(po/the/SINDE)



No More Posts Available.

No more pages to load.