Home / Jabodetabek / RW 06 Kelurahan Depok Bentuk Kampung Siaga Covid-19
SAH : Pembatasan Sosial Berskala Besar mulai berlaku di RW 06 Kelurahan Depok, Kecamatan Pancoran Mas Depok, Rabu (15/5).

RW 06 Kelurahan Depok Bentuk Kampung Siaga Covid-19

SINDE – Warga di lingkungan RW 06 Komplek Samindo di Kelurahan Depok, Kecamatan Pancoran Mas, Kota Depok, kini menjadi Kampung Siaga Covid-19. Hal tersebut merujuk instruksi Nomor 02 Tahun 2020 tentang Pembentukan Satuan Tugas (Satgas) Kampung Siaga Covid-19 di Depok.

Ketua Satgas Kampung Siaga Covid-19 wilayah RW 06 Samindo H.M.Dahlan mengatakan, dibentuknya kampung siaga ini merupakan langkah dan upaya membantu Pemerintah dalam ikut memutus rantai penularan virus Corona atau Covid-19.

“Ini sebagai wujud kepedulian terhadap warga kami, guna menekan penyebaran virus Covid-19 di Depok,” ujar H.M.Dahlan, Rabu (15/4/2020).

Ia menjelaskan, warga khususnya yang berada di RW 06 terpanggil untuk membantu Pemerintah dalam memerangi penularan jenis virus berbahaya yang sudah mewabah di Dunia termasuk seluruh wilayah Indonesia termasuk Kota Depok, Provinsi Jawa Barat.

“Sejumlah program pencegahan penularan Covid-19 yang sudah dijalankan adalah warga wajib memakai masker jika keluar rumah, dilarang kumpul-kumpul, melakukan penyemprotan cairan disinfektan baik kepada seluruh kendaraan yang masuk Komplek Samindo maupun yang keluar,” katanya.

Tak hanya itu, Satgas Relawan Tanggap Covid-19 Komplek Samindo juga mewajibkan seluruh penghuni maupun tamu untuk mencuci tangan dengan sabun yang disediakan di depan pintu gerbang.

“Jadi, semua harus cuci tangan kecuali bagi pengendara roda empat dan bagi pengendara dua yang memakai sarung tangan,” tegasnya.

Baca Juga:   Proyek Jembatan Depan Mandor Samin GDC Diprotes Warga

Diketahui, Pemerintah Kota (Pemkot) Depok mengandalkan Kampung Siaga Covid-19 di tingkat RW untuk menekan dan memutus mata rantai penyebaran virus mematikan ini.

Program ini berperan membuat sistem informasi kesehatan warga serta menjamin keamanan warga di level RW.

Kampung Siaga Covid-19 juga dapat difungsikan untuk monitoring kasus terkonfirmasi positif, ODP (orang dalam pemantauan) dan PDP (pasien dalam pengawasan) Covid-19; serta menjadi penyalur bantuan logistik bagi warga yang menjalani karantina mandiri.

Setiap RW di Kota Depok yang telah terbentuk dan menyelenggarakan Kampung Siaga Covid-19 akan diberikan bantuan stimulus sebesar Rp 3.000.000.

Adapun, dana yang disalurkan pada masing-masing RW itu bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kota Depok.

(dik/po/SINDE)

Baca juga

Olahraga Bersama Kejaksaan Negeri (Kejari) Depok

Kajari Depok ditaklukan Kasi Pidum

SINDE – Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Depok Yudi Triyadi ditaklukan Kepala Seksi Pidana Umum (Kasi …