Terapkan Cara Ini, Agar Hobi Travelling Mu Sesuai Rencana!

oleh
Ilustrasi/Pixabay

Depok, SINDE – Tidak dipungkiri, kegiatan travelling menjadi sebuah kebutuhan untuk sekedar melepas penat dari padatnya aktivitas.

Meskipun bersifat sekunder, namun kebutuhan ini patut diperhitungkan secara matang. Kemanapun tujuan travelling kamu, tanpa perencanaan keuangan yang baik, bisa jadi liburanmu akan berujung menyedihkan karena tabunganmu akan terkuras habis.

Nah, bagi kamu yang merasa kesulitan mengatur budget pengeluaran untuk travelling? Berikut ini ada beberapa tips menabung agar travelling bisa sesuai rencana

1). Riset Destinasi Wisata

Jauh sebelum kamu berangkat liburan, usahakan riset lebih dahulu ya. Kamu bisa cek lokasi wisatanya dimana, pakaian dan perlengkapan apa yang sekiranya perlu dipersiapkan, mau berapa lama liburannya, berapa biaya akomodasinya dan hal lainnya. Lewat riset ini, perencanaan liburanmu akan lebih matang.

2).Bersikaplah Lebih Hemat

Atur pengeluaran harian kamu supaya bisa membiasakan untuk hidup hemat. Bisa dimulai dengan mengurangi kebiasaan jajan di luar dan memilih pengeluaran yang sifatnya mendesak atau tidak. Dalam jangka waktu menabung, usahakan selalu mengutamakan kebutuhan primer ya, Supaya semakin banyak tabungannya

3). Buat Tabungan atau Rekening Khusus Travelling

Setelah berkutat dengan riset lokasi wisata yang ingin dituju, dan mulai membiasakan hidup hemat, kamu bisa membuat tabungan atau rekening khusus travelling. Dengan begitu, kamu dapat lebih fokus dalam menabung hingga memenuhi dana liburan sesuai estimasi waktu yang telah kamu rencanakan sejak awal.

Saat membuat tabungan atau rekening khusus liburan di bank, kamu tidak perlu khawatir berlebihan dengan uang yang kamu simpan. Soalnya Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) akan menjamin simpanan mu hingga Rp 2 miliar per nasabah per bank.

Baca Juga:   Healing di Alam Tanpa Ribet? Nih, 7 Rekomendasi Glamping di Bogor

Oh iya, sekedar informasi saja nih. Penjaminan tersebut baru bisa diberikan apabila nasabah telah mengikuti syarat 3T. Pertama, simpanan tersebut harus tercatat dalam pembukuan bank. Kedua, tingkat bunga simpanan tidak melebihi tingkat bunga penjaminan. Ketiga, nasabah tidak melakukan tindakan yang merugikan bank.

4). Sisihkan 10% dari Penghasilan

Kalau sudah membuat tabungan khusus travelling, kamu tinggal menyisihkan saja 10% gaji ke rekening khusus liburan. Target menabung setiap bulan dapat memudahkan kamu dalam memenuhi kebutuhan dana untuk liburan ke destinasi wisata yang ingin kamu tuju.

Tapi, alokasi gaji juga dapat menyesuaikan kemampuan finansial mu. Seandainya kamu tidak memiliki banyak pengeluaran, kamu bisa menabung di rekening khusus liburan lebih dari 10%.

5). Tekuni Hobi untuk Dapatkan Penghasilan Tambahan

Jika mengandalkan gaji dari pekerjaan utama masih dirasa kurang cukup, berarti kamu perlu mencari pekerjaan tambahan agar liburan ke destinasi impian bisa segera terlaksana. Dalam hal ini kamu mungkin bisa menggali minat terdalammu di bidang fotografi, tulis-menulis, desain ataupun hal menarik lainnya yang dirasa memiliki potensi untuk meraup penghasilan tambahan.

Nah, itu dia beberapa tips singkat menabung untuk tujuan travelling. Kalau tabungan mu sudah mencukupi, kamu bisa banget nih liburan ke 5 Destinasi Super Prioritas (DSP) yang telah lama dicanangkan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf). Destinasi tersebut di antaranya adalah Borobudur, Danau Toba, Likupang, Mandalika, dan Labuan Bajo.

 

No More Posts Available.

No more pages to load.