Tol Cijago Seksi 3B Mulai Beroperasi Penuh, Depok-Bandara Soetta Serasa ‘Sejengkal’

oleh -2 Dilihat
oleh

Depok, SINDE – Pengerjaan proyek Jalan Tol Cinere-Jagorawi (Cijago) yang menghubungkan Cinere Serpong dan Serpong Kunciran hingga tembus ke Bandara Soekarno-Hatta telah rampung. Dengan selesainya pembangunan infrastruktur Tol Cijago ini maka hanya butuh 15 menit dari Kota Depok ke Bandara Soekarno Hatta (Soetta).

“Kalau kita memakai kendaraan dari Limo (Depok) diperkirakan memakan waktu kurang dari 15 menit untuk mencapai Bandara Soekarno-Hatta,” kata Direktur Utama Trans Lingkar Kita Jaya Hilman Muchsin, Jum’at (22/12/2023) malam.

Hilman menjelaskan, Jalan Tol Cijago merupakan bagian dari jaringan tol lingkar luar (Jakarta Outer Ring Road 2 /JORR 2).

“Keberadaan Jalan Tol Cijago diharapkan akan semakin meningkatkan konektivitas antar wilayah dan pertumbuhan ekonomi kawasan Jabodetabek,” harapnya.

Tahap terakhir konstruksi Jalan Tol Cijago Seksi 3B sepanjang 2,19 Km sudah selesai dilaksanakan. Jalan Tol Cijago Seksi 3B Junction Krukut – Cinere sudah dinyatakan lulus Uji Laik Fungsi dan sudah mendapatkan Sertifikat Laik Operasi (SLO) serta SK Operasi dari Kementrian PUPR pada tanggal 2 Oktober 2023.

“Dengan selesainya Tol Cijago Seksi 3B, maka seluruh ruas Tol Cijago telah tersambung termasuk tersambungnya Tol Serpong-Cinere.
Sehingga dapat melengkapi struktur jaringan jalan di kawasan Jabodetabek yang telah memiliki jaringan tol lingkar dalam kota dan Jaringan lingkar luar (JORR-I) yang sudah operasional dan JORR-2 dengan terhubung pada beberapa ruas tol lainnya,” ujarnya.

Baca Juga:   Satlantas Polres Metro Depok Gelar Operasi Patuh Jaya 2023

Adapun Jalan Tol Cijago terintegrasi dengan Jalan Tol Jakarta-Bogor-Ciawi (Jagorawi) dan Jalan Tol Cimanggis-Cibitung pada Junction Cimanggis. Selanjutnya di sisi barat terhubung dengan Jalan Tol Depok – Antasari menuju ke Blok M ataupun Sawangan yang terintegrasi di Junction Krukut, serta menuju Bandara Soekarno Hatta melalui Jalan Tol Cinere-Serpong, Jalan Tol Serpong-Kunciran, dan Jalan Tol Kunciran-Cengkareng.

Berikut data-data Jalan Tol Cijago :
1. Seksi 1 (Jagorawi–Raya Bogor) sepanjang 3,70 km, Beroperasi Februari tahun 2012.
2. Seksi 2 (Raya Bogor-Kukusan) sepanjang 5,50 km, Beroperasi Januari tahun 2020.
3. Seksi 3A ( Kukusan – JC Krukut ) Sepanjang 3,25 km, Beroperasi Desember 2022
4. Seksi 3B ( JC Krukut – Limo ) Sepanjang 2,19 km. Beroperasi Desember 2023.

“Jadi total Panjang keseluruhan Ruas Tol Cinere- Jagorawi (Cijago) sepanjang 14,64 km. Namun, untuk tarif Tol Cijago saat dibuka penuh melayani mobilitas libur Nataru 2023 masih diberlakukan dengan tarif eksisting atau tarif lama sebesar Rp 9.000 sampai waktu yang akan ditentukan kemudian,” pungkasnya.

(Bambang banguntopo/SINDE)

No More Posts Available.

No more pages to load.