Tora Kundera, Aktivis 98 Nyaleg Bertekad Lawan Oligarki

oleh -1 Dilihat
oleh
Aktivis 98, Seniman dan Jurnalis Tora Kundera nyaleg sebagai Anggota DPRD Kota Depok Dapil Pancoran Mas dari Partai Buruh.

Depok, SINDE – Seniman sekaligus Jurnalis, Tora Kundera, akhirnya maju sebagai Calon Legislatif (Caleg) Anggota DPRD Kota Depok Daerah Pemilihan (Dapil) Pancoran Mas dari Partai Buruh.

Mantan aktivis 98 yang pernah menjadi sekretaris Partai Rakyat Demokratik (PRD) di Palembang dan ikut mendirikan organisasi mahasiswa progresif bernama Liga Mahasiswa Nasional untuk Demokrasi (LMND) ini mengaku, bahwa alasan maju menjadi Caleg di Kota Belimbing ini karena Partai Buruh satu-satunya partai peserta Pemilu 2024 yang berani berjuang melawan penindasan kaum Oligarki di Negeri ini dan dengan tegas menolak undang-undang cilaka.

“Sejak masuk kuliah, saya sering berjuang bersama kaum buruh dalam menuntuk hak-hak buruh dan rakyat secara umum. Saya ingat dulu pasca reformasi tahun 1999 masih sangat sedikit sekali yang berani turun aksi pada 1 Mei sebagai Hari Buruh Sedunia, tapi saya setiap tahun selalu turun aksi 1 Mei meski hanya sedikit orang dan dibubarkan,” ujar Tora Kundera yang akrab disapa Torben Rando, belum lama ini.

Torben Rando juga merupakan seorang Seniman Teater dan Sastra pada 2016 yang pernah menjadi aktor sebagai Margonda sosok Pahlawan Depok yang namanya diabadikan sebagai jalan utama Kota Depok.

Tak hanya itu, dirinya juga bergabung dengan Jaringan Kerja Kebudayaan Rakyat dibawah pimpinan Wiji Thukul sebagai Ketua Umum. Didalam wadah itu Torben Rando belajar banyak tentang seni dan budaya. Pernah mementaskan beberapa Teater sebagai Sutradara antara lain Kidung Cinta Tanah Air dan Musyawarah Sampah.

Baca Juga:   Wali Kota Depok Target 90 Persen Janji Kampanye Terealisasi pada 2025

Sebagai seniman, Torben Rando juga aktif sebagai Komite Sastra di Dewan Kesenian Depok, Sekretaris di Lembaga Kebudayaan Depok, terpilih secara resmi oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat sebagai Anggota Komite Kebudayaan Jabar tahun 2022.

Sebagai Jurnalis, Torben Rando pernah menjabat sebagai Sekretaris Komite Wartawan Reformasi Indonesia (KWRI) Kota Depok, sebagai Ketua Serikat PEWARTA Cabang Kota Depok, pendiri dan Ketua Pertama komunitas WAG Depok Media Center (DMC), Sahabat Jurnalis Depok (SJD) dan banyak lagi.

Semangat Torben Rando maju sebagai Caleg Anggota DPRD Kota Depok karena ingin sekali mewujudkan Gedung Kesenian dan Balai Latihan Kerja (BLK) di Kota Depok.

“Kota Depok merupakan kota Metropolitan penyangga Ibukota yang sangat ketinggalan, karena belum punya Gedung Kesenian dan BLK untuk pemuda,” tambahnya.

“Saya juga ingin turut berjuang mewujudkan gagasan brilian Partai Buruh tentang Negara Sejahtera, dimana negara menjamin standar minimum kesejahteraan rakyat,” pungkasnya.

(hum/SINDE)

No More Posts Available.

No more pages to load.