Home / Lain-lain / UMKM Adalah Program Masa Depan
Sinergi : Ketua DPP LSM Penjara Toni Supriadi (dua kiri) saat menghadiri acara senam pagi bersama dalam rangka HUT Polri, Minggu (23/6).

UMKM Adalah Program Masa Depan

Depok – Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) memiliki peran penting dalam perekonomian masyarakat Indonesia khususnya di Kota Depok. Karena itu, dengan diberikannya fasilitas berupa kios-kios diharapkan pelaku UMKM bisa berkembang dan naik kelas.

Selain itu, tujuan Pemerintah Daerah Depok sendiri memberikan fasilitas kios-kios, agar pelaku UMKM bisa membangun kapasitas dalam mengembangkan produknya, khususnya di wilayah Kota Depok.

“Karena saya tidak semudah yang dipikirkan, jika kios-kios UMKM benar-benar ingin dapat digunakan oleh masyarakat Depok untuk meningkatkan perekonomian. Pemberdayaan ekonomi masyarakatnya juga penting, dan harus menjadi perhatian khusus Pemerintah Daerah. Seperti, mereka bisa memperoleh kehidupan yang layak,” kata Toni sapaan akrabnya.

Menurutnya, memberikan harga sewa kios ke pelaku UMKM harus diprioritaskan. Karena, harga menjadi pengaruh dan dampak utama yang diterima pelaku UMKM dalam mengembangkan dan memasarkan hasil produknya.

“Dengan harga sewa kios murah dapat menarik pelaku umkm untuk usaha dalam memasarkan produknya. Solusinya bisa dilakukan dengan diturunkannya harga sewa kios. Penurunan harga ini sifatnya sementara. Jika dalam beberapa tahun kedepan penghasilan mereka meningkat, harga sewa kios ini boleh dinaikan kembali,” sebutnya.

Ia pun berharap, nantinya jika kios-kios sudah ditempati pelaku umkm harus dirawat. Disamping itu, dengan ditempatinya kios-kios itu, maka otomatis Pendapatan Asli Daerah (PAD) Pemerintah Kota (Pemkot) Depok akan meningkat.

Baca Juga:   Siswa SDN Mekarjaya 7 Dianiaya dan Dirampok, Orangtua Lapor Polisi

“Harapan saya seluruh kios yang selama ini kondisinya kosong dapat diisi oleh pelaku UMKM. Dan apabila kios-kios umkm itu sudah ditempati agar dirawat,” harapnya.

Ia menambahkan, mengenai program-program percepatan atau peningkatkan usaha UMKM dari Pemkot Depok sangat diapresiasi dan didukung. Sebab, salah satu program yang dicetuskan Walikota Depok tersebut, merupakan program masa depan masyarakat dalam usaha hasil produk sendiri.

“Jadi UMKM adalah program yang dirintis Pemkot Depok. Belajar peduli terhadap fasilitas kios menjadi awal kepedulian yang harus dijalani, seperti dengan merawatnya,” ungkapnya.

(dik/po/sinde)

Baca juga

Olahraga Bersama Kejaksaan Negeri (Kejari) Depok

Kajari Depok ditaklukan Kasi Pidum

SINDE – Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Depok Yudi Triyadi ditaklukan Kepala Seksi Pidana Umum (Kasi …