Home / Lain-lain / Warga RW 06 Samindo Depok Gelar Bimtek Pemilu Serentak 2019
Sosialisasi Pemilu Serentak : Warga RW 06 Kelurahan Depok, Pancoran Mas Gelar Bimtek.

Warga RW 06 Samindo Depok Gelar Bimtek Pemilu Serentak 2019

Depok – Pemilihan umum (Pemilu) 2019 akan digelar pada 17 April 2019 mendatang. Ini pertama kalinya Pemilu di Indonesia yang akan memilih lima peserta pemilu, yakni pemilihan calon presiden (capres), calon anggota legislatif (caleg) DPR RI, caleg tingkat I provinsi, caleg tingkat II kabupaten/kota dan DPD RI.

Sebagai wujud partisipasi masyarakat dalam pelaksanaan pemilu 2019, pengurus Rukun Warga (RW) 06 Samindo, Kelurahan Depok, Kecamatan Pancoran Mas, Kota Depok menggelar bimbingan teknis (bimtek) dengan menghadirkan perwakilan Panitia Pemungutan Suara (PPS) Kelurahan Depok.

Ketua RW 06 M. Dahlan mengatakan, sebagai warga negara yang baik yang ingin mensukseskan pelaksanaan Pemilu 2019, maka pengurus RW 06 berinisiatif menggelar sosialisasi bimtek bagi para calon maupun anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS).

“Di RW 06 sendiri terdapat tiga Tempat Pemungutan Suara (TPS), yakni TPS 44, 45 dan 164 serta kurang lebih 600 DPT,” kata M. Dahlan kepada Sinde di Kantor Sekretariat RW 06, Sabtu (16/3) pagi.

Bimtek yang dihadiri oleh para anggota KPPS di RW 06 ini, sebagai medium sosialisasi mengenai beberapa peraturan terkait pelaksanaan pemilu, salah satunya PKPU Nomor 3 Tahun 2018 tentang Pembentukan dan Tata Kerja Panitia Pemilihan Kecamatan, Panitia Pemungutan Suara dan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara dalam Penyelenggaraan Pemilihan Umum.

Menurut Dahlan, KPPS adalah ujung tombak dari proses penyelenggaraan pemilu. Jika terjadi persoalan di TPS yang tidak dapat diselesaikan, maka seluruh Indonesia tidak akan tuntas proses pemilu.

Baca Juga:   Ibu - Ibu Majelis Taklim Khairunissa Tetap Eksis

Ditegaskan Dahlan, jika satu TPS bermasalah, maka bermasalahlah seluruh penyelenggara pemilu. Jika satu TPS gagal, maka gagalah proses penyelenggaraan Pemilu.

“Oleh karena itu, pahami tupoksi KPPS, yang terpenting adalah memahami prinsip penyelenggara pemilu,” ujar Dahlan.

Di tempat yang sama, Panitia Pemungutan Suara (PPS) Kelurahan Depok Juhri mengatakan, digelarnya sosialisasi kepada calon maupun anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) merupakan pertama kali dilakukan di RW 06 Kelurahan Depok.

“Kami roadshow kalau memang teman-teman meminta kami datang, kebetulan sekarang ini di wilayah RW 06 Kelurahan Depok sosialisasinya, terutama kepada calon KPPS,” kata Juhri.

Ia pun menjelaskan, nantinya mereka akan diberikan bimbingan teknis (bimtek) terkait pelaksanaan Pemilu agar dapat berjalan lancar, aman dan tertib.

Menurutnya, nantinya pihaknya akan berupaya memaksimalkan waktu pelaksanaan bimtek nanti. Sekalipun, lanjut Juhri, mengingat pelaksanaan Pemilihan umum (Pemilu) 2019 sebentar lagi.

“Kegiatan bimtek memang butuh banyak waktu untuk bisa memberikan pemahaman agar dimengerti. Yang jelas kami akan memaksimalkan bimtek ini,” pungkas Juhri.

Zuhri pun menyebutkan, di Kelurahan Depok jumlahnya ada … TPS. Sementara untuk total DPT di Kelurahan Depok tercatat 34.323.

“Pada intinya, kegiatan sosialisasi ini diharapkan bisa memacu minat masyarakat untuk memberikan partisipasi suaranya dalam pemilu serentak pada 17 April nanti,” harapnya.

(dik/po/sinde)

Baca juga

Olahraga Bersama Kejaksaan Negeri (Kejari) Depok

Kajari Depok ditaklukan Kasi Pidum

SINDE – Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Depok Yudi Triyadi ditaklukan Kepala Seksi Pidana Umum (Kasi …