Home / Jabodetabek / Wenny Haryanto Cover Iuran BPJS Ketenagakerjaan Pekerja Informal di Depok
Anggota DPR RI Fraksi Golkar Dra. Hj. Wenny Haryanto, SH menghadiri kegiatan sosialisasi Program dan Manfaat BPJS Ketenagakerjaan di Aula Ganesa Satria, Kelurahan Abadijaya, Sukmajaya Depok, Rabu (7/12).

Wenny Haryanto Cover Iuran BPJS Ketenagakerjaan Pekerja Informal di Depok

DEPOK, SINDE – Anggota Komisi IX DPR RI Fraksi Golkar Wenny Haryanto memberikan bantuan iuran gratis BPJS Ketenagakerjaan selama 3 bulan kepada ratusan masyarakat yang menjadi peserta pada kegiatan Sosialisasi Program dan Manfaat BPJS Ketenagakerjaan di Aula Ganesa Satria, Kelurahan Abadijaya, Sukmajaya Depok, Rabu (7/12/2022).

“Hari ini akan ada bantuan dari Ibu Wenny, masyarakat pekerja informal akan didaftarkan menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan, dan diberikan Iuran gratis selama 3 bulan, yakni Desember 2022, Januari-Februari 2023,” kata Kepala BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang Depok Achirudin.

Di lokasi yang sama, Kabid kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan Depok Anita Riza Hariani menambahkan, pekerja informal (bekerja untuk dirinya sendiri) itu akan didaftarkan di tiga program yaitu Jaminan Kematian (JKM) dan Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Hari tua (JHT) secara gratis. Setelah 3 bulan, peserta bisa melakukan iuran dengan melakukan pembayaran secara mandiri.

Mereka yang bekerja seperti pedagang kelontong, ojek online, UMKM bisa mendaftar menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan mandiri dengan iuran Rp16.800/bulan.

”Dengan iuran tersebut pekerja informal sudah terlindungi dengan tiga program, Jaminan Kematian (JKM), Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Hari Tua (JHT),” katanya.

Sementara itu Anggota Komisi IX Dra. Wenny Haryanto, S.H. mengajak pekerja mandiri untuk melanjutkan iuran secara mandiri apabila sudah melewati 3 bulan.

“Jangan lupa untuk melanjutkan iuran BPJS Ketenagakerjaan jika sudah lewat dari 3 bulan, saya sudah membuktikan manfaat menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan yaitu ketika pegawai saya meninggal dunia, ahli warisnya mendapatkan santunan dari BPJSTK.” kata Wenny.

Baca Juga:   Riset Urban Policy: Pilkada Depok Rawan Politik Uang

Dengan adanya sosialisasi ini diharapkan dapat menumbuhkan kesadaran pekerja di sektor informal akan pentingnya program BPJS ketenagakerjaan. Kedepan BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang Depok siap untuk melakukan sosialisasi lebih masif lagi dengan harapan universal coverage dapat dicapai sesegera mungkin baik di sektor formal maupun informal khususnya untuk pekerja di kota Depok.

Hadir dalam kesempatan tersebut, Lurah Abadijaya Sodiq Murdiono, Perwakilan Polsek Sukmajaya Tusmono, Perwakilan Kecamatan Sukmajaya Wulan, Kader PKK, Ketua RT/RW, Tokoh Masyarakat dan Agama, serta pemuda Karang Taruna.

(po/SINDE)


Baca juga

Wali Kota Depok Resmikan Rehabilitasi 11 Kantor Pemerintahan

DEPOK, SINDE – Wali Kota Depok, Mohammad Idris meresmikan 11 gedung pemerintahan tingkat kecamatan dan …